Naga (龙)




Dalam kepercayaan orang2 China, Naga dianggap sebagai makhluk mitologi yang membawa kemakmuran, pelambang baik, kejayaan. Berbeda jauh dari budaya bangsa barat yang menggangap naga Dragon sebagai utusan iblis yang suka memakan manusia...-_-...
Orang2 China sangat menghormati Naga hingga belakangan beberapa orang China dengan bangga mengatakan bahwa mereka Long De Chuan Ren (garis keturunan Naga / descendents from dragon).

Asal usul Naga dibagi secara mitologi, legenda dan sejarah.

MITOLOGI

gambar 1. Fuxi dan Nuwa

Fuxi dan Nuwa dianggap sebagai Patriach dan Matriach pertama orang2 Hua Xia(China Kuno)(dianggap juga sebagai leluhur orang2 China).Mereka digambarkan sebagai manusia setengah Naga(berekor ular dengan ujung seperti ekor ikan), maka mereka berdua adalah naga pertama.

LEGENDA

gambar 2. Yu Agung mengatur perairan

The Great Yu (Yu Agung) adalah kaisar pendiri dinasti Xia, dinasti pertama di China.
Beliau berjasa karena sewaktu menjadi menteri perairan yang menangani proyek banjir sungai Kuning, berkat kepemimpinannya kaisar Shun mengangkatnya sebagai penggantinya.
Konon sewaktu sedang mengawasi pengerjaan bendungan di sungai kuning(hingga tercipta sebuah air terjun), Yu Agung menolong sekelompok ikan Li/Tambera yang mempunyai kebiasaan bertelur di Hulu sungai, kemudian kawin di hilir sungai dan bertelur kembali di Hulu. Tetapi kini ditengah jalan para ikan menemui air terjun yang tinggi, mereka kemudian menangis. Hal ini didengar oleh yu Agung, oleh Yu Agung para ikan disuruh melompati air terjun tersebut sehingga menjadi naga. Yu Agung adalah orang suci yang dikirim oleh langit untuk menjadi pembimbing suku Hua Xia, maka kata2nya pun menjadi kenyataan. Setelah para ikan melompati air terjun, mereka berubah wujud menjadi Long Yu(ikan berkepala naga) dan kemudian menjadi naga seutuhnya.

SEJARAH

gambar 3. Huang Di

gambar 4. Chi You

Kaisar Kuning (Huang Di)adalah pemimpin suatu suku di bantaran sungai kuning, bernama asli Xiong (beruang). Beliau menghimpun suku2 Hua Xia yang lain untuk bergabung menjadi sebuah suku yang besar. Hanya Chi You yang menolak. Dikatakan Chi You dan sukunya berbadan raksasa dan memakan batu, mereka juga pandai sihir, versi lain menyebutkan bahwa Chi You merupakan keturunan dari Yandi (kaisar Api) Shen Nong karena sama2 memiliki tanduk dikepalanya.
Sewaktu Xiong dan Chi You berperang, Chi You menggunakan sihirnya menciptakan kabut tebal yang menyebabkan Xiong dan pasukannya tersesat. Seorang Duta dari Langit(Ji Tian Xian Nu) membimbing Huang Di dengan menciptakan kompas. Setelah keluar dar kabut, Xiong memenangkan pertempuran dengan Chi You dan diangkat sebagai seorang kaisar bergelar Huang Di.
Sewaktu akan membuat totem simbol negerinya, beberapa bawahannya meminta agar simbol totem suku asal Huang Di yang dijadikan sebagai lambang negeri, tetapi ditolak Huang Di.Huang Di berkata, negeri baru ini terdiri dari berbagai suku, bukannya satu suku. Maka Huang Di membuat sebuah Totem yang merupakan penggabungan dari suku2 Hua Xia. Wujud toem itu bermoncong buaya, bertanduk rusa, bermata kelinci, bertelinga kerbau, bermisai srigala, berbadan ular, berekor ikan, berperut katak,bercakar rajawali.
Itulah wujud naga yang kita kenal sekarang.


gambar 5. huruf kanji kuno untuk naga (Long 龙)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Naga (龙)"

Post a Comment

Cara mencari tekan Ctrl+F di keyboard dan masukkan Indonesia, Mandarin atau pinyin.