qing dao hai wan(青島海灣大橋) : Jembatan Terpanjang di Dunia Menghubungkan 3 Pulau

Jembatan terpanjang di dunia 


jembatan qingdao haiwan merupakan jembatan terpanjang didunia yang di bangun di china dalam kurun waktu 4 tahun pengerjaannya. Jembatan ini 3 mil lebih panjang dibandingkan pemegang rekor jembatan melintasi air terpanjang didunia Loisiana, Amerika.

Jembatan dengan panjang 42,5 kilometer yang melintas di atas selat Inggris ini menghubungkan pusat kota pelabuhan Qingdao di Provinsi Shandong, China Timur, dengan kawasan pinggiran Huangdao. Panjang Jembatan ini sekitar delapan kali lebih panjang dari jembatan Suramadu di Jawa Timur, Indonesia, yang memiliki panjang 5,4 Kilometer.

Jembatan terpanjang di dunia
Dengan anggaran sekitar £5,5 miliar, proyek garapan sejumlah insinyur di China ini selesai dalam empat tahun. Jembatan bernama Qingdao Haiwan ini dibangun dua tim berbeda yang dikerjakan sejak tahun 2006. Pembangunan selesai pada Senin (27/12). Jembatan ini diproyeksikan dapat menampung lalu lintas sekitar 30 ribu mobil setiap hari. Jembatan ini juga menghemat waktu tempuh antar dua kawasan hingga 30 menit.
Jembatan terpanjang ini dibangun salah satu tujuannya ternyata hanya untuk menyingkat jarak tempuh 20 menit dari 2 kota yang berhubungan

Lebih 10 ribu pekerja terlibat dalam megaproyek yang membutuhkan 2,3 juta meter kubik beton dan 450 ribu ton baja, jumlah cukup untuk membangun 65 menara Eiffel. Para pejabat berwenang mengatakan, jembatan ini kuat menahan gempa 8 SR, topan, dan hantaman, kapal 300 ribu ton.









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "qing dao hai wan(青島海灣大橋) : Jembatan Terpanjang di Dunia Menghubungkan 3 Pulau"

Post a Comment

Cara mencari tekan Ctrl+F di keyboard dan masukkan Indonesia, Mandarin atau pinyin.