Panda raksasa/大熊猫 (Ailuropoda melanoleuca)



http://erabaru.net/images/stories/panda-perosotan.jpg 


hai Panda’ers dikesempatan ini Panda akan menceritakan nenek moyang Panda yang dikenal dengan Panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca). Panda merupakan mahluk pencinta damai yang mudah dikenali dari warna tubuh Panda yang unik^^, hitam-putih, lucu kan Panda’ers, dan satu lagi yang membuat Panda menjadi makluk yang lucu yaitu mata Panda yang memiliki bulatan hitam seperti orang yang suka begadang, emang suka begadang koq,haha… makanya di bahasa mandarin orang yg suka tidur malam dijuluki “Ye Mao Zi ”  yg berarti kucing malam/Panda malam,hahaha….
menurut cerita rakyat Tibet, Panda mendapatkan warna disekitar matanya karena menangis terharu lantaran diselamatkan oleh penduduk dari serangan leopard.hmm…
Panda juga satu keluarga dengan beruang sehingga di negara Panda Panda di panggil “da xiong mao” , xiong yang berarti beruang dan mao yg berarti kucing, dan da itu besar, jadi “kucing beruang besar” , dilihat dari fisik Panda memang mirip beruang, dan mata Panda yang memiliki penglihatan yang baik dalam gelap, karena Panda memiliki pupil vertikal seperti kucing yang membantu Panda melihat dalam kegelapan, inilah yang tidak dimiliki oleh jenis beruang lainnya. karena itu Panda juga dikaitkan dengan kucing.^^
 http://www.wildlifearchives.com/public/animals/mammals/bears/giant_panda/giant-panda-cub-china.jpg

Negara Panda
Di China Panda digunakan sebagai alat diplomasi antara China dengan negara lain. Panda adalah harta nasional dan dilindungi oleh hukum, karena itu Panda memanggil china dengan negara Panda. dari dulu Panda selalu digemari masyarakat setempat karena sangat menggemaskan^^..hehehe... Panda dapat ditemukan di kesenian china kuno sejak ribuan tahun. Orang-orang di luar China telah terpesona oleh Panda sejak mereka pertama kali diterangkan oleh misionaris Prancis Armand Pere David pada tahun 1869. Sekarang, lebih dari 100 tahun kemudian, seluruh dunia pecinta Panda telah bergabung dengan upaya-upaya internasional untuk mencegah Panda dari kepunahan.

Kelahiran Panda
saat Panda lahir Panda hanya seukuran sebatang mentega, tanpa bulu dan tidak bertenaga. anak Panda yang baru lahir beratnya hanya 90-130gram berwarna merah muda dan belum membuka matanya. Ibu Panda memberikan perhatian besar pada bayi mungilnya, biasanya menggendong dengan satu kaki dan memegang dekat ke dadanya. Selama beberapa hari setelah lahir, ibu Panda tidak meninggalkan sarangnya, bahkan untuk makan atau minum!
Panda sudah matang secara seksual pada 5,5 sampai 6 tahun. jantan dan betina hanya bertemu saat musim kawin yaitu pada musim semi di bulan maret-mei. sedangkan kehamilan terjadi selama 95-160 hari dan biasanya Panda melahirkan satu ekor anak dalam 2 tahun. (di penangkaran Panda sering melahirkan kembar ketika menggunakan teknik inseminasi buatan).
 http://erabaru.net/plugins/content/imagesresizecache/4fa3262a90c37a3cc1b324ebf7d250c8.jpeg
Anak Panda membuka mata saat berusia 50 sampai 60 hari. Lalu dalam waktu 10 minggu anak Panda mulai merangkak. Giginya tumbuh pada saat berusia 14 minggu. Ibu dan anaknya menghabiskan waktunya lebih banyak didalam sarangnya. Sampai 21 minggu, anaknya dapat berjalan cukup baik. Pada saat ini, anaknya mulai bermain dengan ibunya dan pada usia tujuh sampai 9 bulan mulai mencoba untuk makan bambu. anak Panda terus dirawat sampai usia sekitar 18 bulan. Pada saat ini, ibunya siap untuk melepaskan anaknya mandiri sehingga ia dapat mempersiapkan diri untuk anaknya berikutnya. Namun, meski perhatian yang mereka didapatkan dari ibu mereka, Panda muda banyak yang tidak bertahan. Melalui program-program perkembang biakan di China dan kebun binatang lain di seluruh dunia, kita belajar lebih banyak tentang perawatan anak Panda dan bagaimana membantu mereka mencapai usia dewasa.

Suara Panda
http://metalwikileaks.files.wordpress.com/2011/01/angry-panda.jpgPanda mengeluarkan suara mengembik mirip dengan suara domba atau anak kambing. Suaranya yang  ramah, bernada memberikan salam. Panda tidak meraung,  kalian berpikir mereka meraung seperti beruang coklat, tapi mereka lebih terdengar mengembik. Mereka kadang-kadang gusar, menggeram, dan menjerit parau. Panda raksasa merupakan hewan yang cinta damai dan memilih untuk menghindari konflik. namun, jika pilihan untuk menjauhi konflik tidak ada, Panda raksasa akan menunjukkan sifat agresifnya dan menyerang lawannya menggunakan kaki depannya yang kuat maupun dengan giginya. di alam liar, Panda raksasa hanya memiliki beberapa musuh alami, diantaranya Macan Tutul Salju (pada film animasi Kungfu Panda, musuh utama Po si Panda adalah Tai lung si macan tutul salju), Jackal, dan Weasel. namun yang membuat hawan ini menjadi langka adalah manusia.


Makanan Panda
walaupun termasuk ke dalam keluarga Ursidae (beruang), makanan utama (sekitar 99%) Panda raksasa adalah bambu. karena bambu hanya memiliki sedikit nutrisi, Panda raksasa harus makan setidaknya 12-38kg per hari untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. sedangkan 1%nya merupakan tanaman lain dan daging. sifat mereka tergantung pada bambu juga menyebabkan hewan ini menjadi langka karena dari waktu ke waktu hutan bambu makin berkurang karena ulah manusia.
Tidak seperti beruang lain, Panda raksasa dapat menggenggam makanannya, terutama bambu. telapaknya memiliki tonjolan tulang yang terlapisi bantalan kulit tak berambut yang bekerja sebagai ibu jari.
http://assets.panda.org/img/web_31203_238221.jpghttp://erabaru.net/plugins/content/imagesresizecache/35a034b3d96f75c22dbbecc320109c8f.jpeg http://2.bp.blogspot.com/_XlisOIiBPZs/SEDRYraxNRI/AAAAAAAAApA/ZVKNkcsCbwo/P1140511.jpg

Tempat Tinggal
Panda raksasa hidup di hutan bambu di china bagian barat. sebagian besar tersebar di pegunungan Qinling dan pegunungan Minshan. Dahulu kala, Panda raksasa pernah meluas ke seluruh china bagian selatan dan timur hingga ke Myanmar dan Vietnam utara. namun, karena bertambahnya populasi manusia, Panda raksasa pun terdesak. Tempat penangkaran Panda raksasa Sichuan terletak di provinsi Sichuan China. Persisnya di Cagar Alam Nasional Wolong. Tempat yang didirikan tahun 1963 ini adalah rumah bagi lebih dari 30% Panda yang terancam punah. para peneliti sekarang menggunakan teknik baru berpakaian seperti hewan untuk menyesuaikan diri terhadap iklim mereka yang liar. lihat gambarnya disini.
Saat gempa besar yang melanda Sichuan 12 Mei 2008 lalu, penangkaran Panda ini mengalami kerusakan hebat, tapi untung Panda-Pandanya selamat dan ada satu Panda berusia 9 tahun yang mati tertimpa dinding.

Pada 23 Desember 2008, sepasang Panda mendarat pertama kali di Taiwan, dan bisa disaksikan di Taipei Zoo sampai hari ini. Hadiah dari pemerintah China ke Taiwan ini lebih bersifat politis. Sebenarnya rencana pemberian Panda ke Taiwan telah terjadi sejak 2005 lalu, tapi saat itu ditolak oleh pemerintahan presiden Taiwan sebelumnya, Chen Shuibian. Baru saat presiden Ma Yingjiu berkuasa, tahun 2008 Panda masuk ke Taiwan. Karena itulah, sepasang Panda di Taiwan dinamakan Tuantuan dan Yuanyuan. Jika kedua nama ini digabung, akan menjadi Tuanyuan, yang artinya reuni. Tuantuan adalah Panda jantan bernomor urut 19 di Cagar Alam Nasional Wolong, sementara Yuanyuan adalah Panda betina bernomor 16.

Selain di Taiwan, Panda juga dihadiahkan pemerintah China ke Thailand, Hong Kong, Jepang, Jerman, Austria, Spanyol, Inggris, Meksiko, dan USA. Kapan Panda masuk Indonesia? Belum ada kabarnya sampai hari ini. :(

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panda raksasa/大熊猫 (Ailuropoda melanoleuca)"

Post a Comment

Cara mencari tekan Ctrl+F di keyboard dan masukkan Indonesia, Mandarin atau pinyin.