Da Yu(大禹) : Pengendali banjir

(21st century BCE), terlahir sebagai Sì Wénmìng dan sering dijuluki Yu yang Agung, adalah pendiri dan penguasa pertama Dinasti Xia. Ia lahir pada tahun 2059 SM. Ia terkenal untuk ajarannya mengenai teknik mengontrol banjir agar dapat menjinakan sungai dan danau China. Yu mendirikan ibukotanya di Kota Yang.
Kaisar Yu (Wenming) sangat terkenal sebagai salah satu kaisar berbudi luhur di sejarah Tiongkok. Ia mewarisi teladan “bekerja untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri” yang diturunkan oleh Kaisar sebelumnya, Yao dan Shun. Dia menghormati Tuhan dan mengajarkan prinsip moral. Hal inilah yang membuat rakyat berpikir bahwa ia diutus oleh Tuhan untuk menyelamatkan negara dari bahaya banjir besar,  sebab banjir besar selalu menjadi ancaman bencana di Negeri Tiongkok. Banyak penduduk kehilangan rumah dan hidup dalam kesengsaraan. 
Raja waktu itu adalah Shun. Ia mendengar bahwa Yu adalah seorang anak muda yang cerdas dan tekun bekerja keras, maka ia mengangkat Yu untuk bekerja di bagian pengontrolan banjir. Yu segera mengumpulkan ahli-ahli untuk membantunya menjalankan tugas itu. Yu sangat randah hati dan selalu menerima nasihat orang lain. Dia menerima banyak saran dan memutuskan untuk membangun kanal-kanal untuk mengontrol air dari banjir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Da Yu(大禹) : Pengendali banjir"

Post a Comment

Cara mencari tekan Ctrl+F di keyboard dan masukkan Indonesia, Mandarin atau pinyin.