wo xin chang dan (卧薪尝胆)Tidur diatas kayu bakar, mencicipi pahitnya empedu | Cerita idiom china

卧薪尝胆 (Wò xīn cháng dǎn)
Arti : Tidur diatas kayu bakar, mencicipi pahitnya empedu 



        Di masa Musim Semi dan Musim Gugur [春秋], raja Gou Jian [勾践]dari Negara Yue [越国]dan raja Fu Chai[夫差]dari Negara Wu [吴国] saling berperang. Diambang kekalahan Negara Yue, penasehat Wen Zhong[文种]mengusulkan raja Gou Jian untuk berdamai demi mencari kesempatan untuk membangun kembali negrinya dikemudian hari.

      Gou Jian pun menjadi tawanan perang di negeri Wu. Dia ditugasi mengurus kuda Fu Chai. Dari luar Gou Jian pura pura setia dan tunduk pada Fu Chai untuk mendapat kepercayaannya. Setiap kali Fu Chai menaiki kudanya, Gou Jian berlutut untuk menjadi pijakan Fu Chai. Fu Chai dengan angkuh berkata, lihatlah ini raja besar Gou Jian, penjaga kudaku.

      Suatu kali Fu Chai sakit, Gou Jian bahkan mencicipi faesesnya, ia berkata dengan demikian kita bisa mengetahui penyakit apa yang diidapnya. Fu Chai sangat terharu, dan beranggapan Gou jian tidak ada niat memberontak lagi. Dengan demikian setelah di Negara Wu 3 tahun Gou Jian pun dikembalikan ke negerinya.

     Sesampai di kampung halamannya ia bertekad membalas penghinaan yang dideritanya selama menjadi tawanan serta berusaha merebut kembali negrinya. Ia bekerja keras mengurus urusan Negara siang dan malam. Karena takut terlena dan lupa akan tekadnya, ia pun memilih tidur diatas kayu bakar sebagai ganti kasur, dan ditempat kerjanya ia menggantung empedu, sebelum makan dan tidur ia mencicipi pahitnya empedu tersebut.

       Ia mengumpulkan cendekiawan, memakai berbagai taktik, melalui perjuangan 18 tahun, akhirnya ia berhasil menggulingkan Negara Wu. Fu Chai pun akhirnya bunuh diri. Negara Yue kemudian berkembang menjadi Negara yang sangat kuat dimasa itu.

    Sejarah yang menggambarkan kegigihan Gou Jian berkembang menjadi idiom wo xin chang dan [卧薪尝胆], yang digunakan untuk menyatakan bekerja keras dan bertekad bulat untuk mencapai harapan.

 Sanna Yap




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "wo xin chang dan (卧薪尝胆)Tidur diatas kayu bakar, mencicipi pahitnya empedu | Cerita idiom china"

Post a Comment

Cara mencari tekan Ctrl+F di keyboard dan masukkan Indonesia, Mandarin atau pinyin.