Sulitnya sebuah kayu (一木难支)

一木难支

mù nán zhī

Sulitnya sebuah kayu

Penjelasan: masalah yg sulit, seorang diri tdk akan bisa memikulnya.
解释:比喻艰难的事,不是一个人的力量所能负担的。


Cerita:
      Pada masa kaisar songshun dinasti selatan dan utara, xiaodaocheng mengendalikan kekuatan politik,dia tidak hanya membunuh zhongliang,mengamuk dan merajarela, tetapi menghina keluarga kerajaan, dan berusaha merebut posisi raja. Saat itu, menteri yuancai dan liudong berunding secara rahasia, ingin membunuh xiaochengdao, Tetapi masalah ini diketahui oleh chuyuan bawahan xiaodaoyuan, dan memberitahukan masalah ini.
 Menteri pemberontak, beraninya menatangku!”xiaodaocheng sangat marah mendengarnya,dan segera memerintahkan zaichengjing membawa pasukan untuk menyerang yuan cai.
Pada mulanya,yuancai masih memaksakan diri menlindungi kota, kemudian  ia melihat makanan sudah tidak cukup lagi, dan mengatakan kepada anaknya yuanzui: “saya tau bahwa sebalok kayu  takkan bisa menahan runtuhnya sebuah bangunan, tetapi demi reputasi dan kesetiaan harus bertahan sampai mati”.
   Tidak lama, zaichengjing memimpin pasukan dari balik tembok dan menyerbu kedalam kota, dibawah senjata musuh,yuanzui dengan berani menggunakan tubuhnya untuk melindungi ayahnya.
Saat itu, yuancai berkata kepada putranya: “saya adalah pejabat yang setia,kau adalah anak yang berbakti, kita mati tidak ada penyesalan”akhirnya, mereka berdua gugur demi keadilan.
      Teman-teman, walau pejabat setia dan anak berbakti gugur, tetapi kesetiaan mereka selamanya dikenang oleh semua orang. Kemudian orang  mengunakan kalimat “sebalok kayu  takkan bisa menahan runtuhnya sebuah bangunan”disingkat menjadi “sulitnya sebuah kayu”digunakan untuk mendeskripsikan saat suatu masalah sampai pada tahap sulit dan kritis,  mengandalkan kekuatan seorang diri atau sedikit orang tidak akan terselamatkan.


原文
一木难支 解释:比喻艰难的事,不是一个人的力量所能负担的。 相关词:独力难支,众志成城 故事:南北朝宋顺帝时,萧道成把持政权,他不仅杀害忠良,横行乱为,还 欺凌王室,企图夺取王位。这时,大臣袁粲和刘东两人秘密商量,想杀死萧 道成,但事机不密,被萧道成的同党褚渊知道了,就把这个秘密告诉萧道成。 “逆臣,竞敢违抗我!”萧道成听到了大怒,立刻派部将戴僧静率领许多人马去攻打袁粲。 起初,袁粲还勉强守着城池,后来眼见粮食不继,便对儿子袁最说: “我明知一支木柱不能支撑大厦的崩塌,但为了名节,不得不死守下去”。 不久,戴僧静率领部下越墙冲进城里,在敌人的刀枪剑戟之下,袁最勇敢的 用身体去掩护他的父亲。 这时,袁粲对他的儿子袁最说:“我是个忠臣,你是个孝子,我们死而无愧。” 结果,他们两人都为正义而牺牲了。 朋友们,忠臣孝子虽然牺牲,但他们忠义事迹却永远留在人们的心中。后人在感动之余,把“一支木柱不能支撑大厦的崩塌”这句话,引申为“一木难支”,用来形容事情到了最艰危时,并不是靠一个人或少数人的力量所能挽救的。

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sulitnya sebuah kayu (一木难支)"

Post a Comment

Cara mencari tekan Ctrl+F di keyboard dan masukkan Indonesia, Mandarin atau pinyin.